Senin, 22 September 2014  

Berita Pajak

Bayar Pajak di Mal

Rabu, 26 Maret 2008

$alt
   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

SEMANGGI, RABU - Membayar pajak kendaraan akan semakin mudah. Setelah program STNK door to door dan mobil samsat keliling, Polda Metro Jaya meluncurkan program baru. Nama program itu adalah Gerai Samsat yang berlokasi di mal dan pusat perbelanjaan. Dengan adanya gerai itu, masyarakat bisa berbelanja sambil membayar pajak kendaraan.

Program baru ini bakal diluncurkan awal April 2008. Tiga gerai dibangun di tiga pusat perbelanjaan di DKI, seperti Mal Artha Gading, Jakarta Utara; Mal Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat; dan Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur.

Di tiga gerai tersebut, masyarakat juga dapat mengurus perpanjangan surat izin mengemudi (SIM). Layaknya sebuah kantor samsat, gerai ini juga dilengkapi mesin ATM Bank DKI.

Kepala Sub Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Regident) Polda Metro Jaya, AKBP Giri Purwanto mengatakan, program ini dalam rangka jemput bola pelayanan kepada masyarakat. "Ini dalam rangka mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, sehingga sambil berbelanja bisa mengurus STNK maupun SIM," ujarnya.

Giri mengatakan, gerai ini menjangkau masyarakat yang sehari-harinya disibukkan oleh pekerjaan. Karena itu, pada hari libur pelayanan tetap buka. "Kita beroperasi sampai malam disesuaikan dengan jam operasi tempat ini," katanya.

Di Gerai Samsat PGC, Jakarta Timur, proses pembangunan mencapai 90 persen. Gerai berlokasi di lahan parkir paling atas pusat grosir tersebut. Untuk lokasi, kata Giri, pihaknya bekerja sama dengan pengelola gedung. "Ini salah satu kontribusi masyarakat kepada polisi dengan memberi izin kepada kita," ujarnya.

Gerai Samsat PGC memiliki empat loket, terdiri atas loket pendaftaran, penyerahan notice, kasir, dan loket penyerahan STNK. Seperti samsat di masing-masing wilayah, sistem komputerisasi di samsat PGC juga terkoneksi secara on line ke samsat di Polrestro Jakarta Timur dan Polda Metro Jaya.

"Jadi warga di luar Jakarta Timur juga bisa mengurus pajak kendaraannya di sini," ujar Kasubsi Samsat Polrestro Jakarta Timur, AKP Retno Hartanto.

Retno mengatakan, gerai samsat PGC ini sedang dalam tahap penyelesaian, diharapkan awal April bisa dioperasikan. Prosedur pengurusan pajak kendaraan di gerai ini tidak berbeda dengan pengurusan di samsat.

Ia mengatakan, pelayanan samsat di gerai ini hanya untuk pembayaran pajak, sedangkan untuk perpanjangan STNK (lima tahun sekali) tetap dilakukan di masing-masing kantor samsat polres atau Polda Metro Jaya. Ia mengatakan, keberadaan gerai samsat ini dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki waktu banyak.

"Pengunjung bisa belanja dulu, habis belanja STNK-nya beres. Saya jamin tidak lebih dari lima menit pengurusan selesai asalkan persyaratan lengkap," ujarnya.

Waktu pelayanan samsat PGC disesuaikan dengan jam beroperasi pusat perbelanjaan tersebut. "Malah bisa saja kita lebih pagi bukanya dari tempat ini," kata wanita yang akrab disapa Tanti ini.

Gerai samsat PGC memiliki luas sekitar 60 m2. Lokasi di lahan pakir lantai 7. Tempatnya cukup ramai karena berdekatan dengan masjid. Sejumlah pengunjung dan karyawan PGC menyambut baik keberadaan gerai samsat tersebut. Ruang tunggu pengunjung diperkirakan mampu menampung 30 orang.

"Saya jadi tidak perlu keluar toko untuk bayar pajak motor," ujar Arifin, salah karyawan toko seluler PGC. Johan, karyawan lainnya, mengatakan, pelayanan di gerai tersebut harus cepat dan bebas calo. (Warta Kota/wid)

LOKASI GERAI SAMSAT:
1. Mal Artha Gading, Jakarta Utara
2. Mal Taman Palem, Jakarta Barat
3. Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur

Harian Kompas, 26 Maret 2008
© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 2631 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :