Senin, 21 April 2014  

Berita Pajak

Dispenda Akan Buka Loket Pajak di Mal

Harian Kontan, Rabu 9 Juli 2008

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

JAKARTA. Kantor Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) semakin lincah memungut pajak. Untuk memudahkan para wajib pajak, Dispenda berniat membuka gerai pembayaran pajak di mal pada Agustus mendatang Loket pembayaran pajak itu akan berlokasi di Plaza Indonesia, Senayan City, dan Pondok Indah Mal Dua.

KIOS PAJAK
Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Reynalda Madjid mengatakan, kios pajak menerima pembayaran berbagai jenis pajak yang terkait dengan mal, seperti pajak restoran, reklame, parkir, hiburan, dan air bawah tanah. "Jadi wajib pajak tak perlu repot. Sambil jalan-jalan mereka juga bisa bayar pajak, "ungkapnya.

Untuk mengoperasikan kios pajak, Dispenda bertugas menyiapkan sarana, sistem dan Sumber Daya Manusia (SDM). Saat ini, semua loket masih dalam tahap persiapan, termasuk pelatihan SDM. "Pelatihan SDM mulai berlangsung bulan lalu,'ungkap Reynalda. Dalam jadwal Dispenda, pelatihan SDM akan berlangsung dua bulan.

Agenda lain yang sedang berjalan adalah penyusunan prosedur penyetoran di kios pajak. Dispenda akan merancang standar pendaftaran, pembayaran sekaligus pelayanan.

Dispenda juga masih menyiapkan peralatan sistem informasi untuk kios pajak. "kami targetkan akhir Juli, semua urusan selsai. Jadi, Agustus sudah bisa beroperasi, "tukas Reynalda.

Untuk membiayai pembukaan loket pajak di mal, Dispenda bekerjsama dengan PT Bank DKI yang dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. "Yang pasti, lokasi di ketiga mal itu sudah siap untuk ditempati,"ungkapnya.

Selain untuk memudahkan wajib pajak, tujuan lain pembukaan kios pajak adalah meningkatkan penerimaan pajak. "Jika kios di tiga mal berhasil meningkatkan penerimaan pajak, kami akan membuka loket pajak serupa di mal lain,"ujar Reynalda.

Ini bukan kali Pertama Dispenda membuka loket di mal. April lalu, Dispenda dan {olda Metro Jaya meluncurkan layanan gerai Samsat di lima mal yang tersebar di lima wilayah Jakarta. Gerai Samsat, misalnya berada di Mal Taman Palem, Cengkareng, Jakarta Barat, di Pusat Grosir Cililitan, Jakarta Timur dan di Mal Artha Gading, Kelapa Gading.

Danang Pidekso

Harian Kontan, 9 Juli 2008
© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 1201 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :