Jumat, 19 September 2014  

Berita Pajak

Kasus Tunggakan Royalti Batu Bara Fenomena Gunung Es

Okezone.zom, Kamis 21 Agustus 2008

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

JAKARTA - Kasus penunggakan utang royalti oleh beberapa kontraktor Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) generasi I, dinilai hanyalah sedikit contoh nyata mengenai buruknya pengelolaan penerimaan negara bukan pajak.

"Kasus royalti batu bara ini hanyalah sebuah fenomena gunung es dari kerawanan dan ketidakberesan pendapatan negara dari penerimaan negara bukan pajak (PNBP)," ucap juru bicara Fraksi PKS Rama Pratama, dalam menyampaikan pandangan fraksinya tentang RUU APBN 2009 pada sidang paripurna, di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (20/8/2008).

Untuk itu, lanjut Rama, fraksi PKS menuntut pemerintah harus melakukan pembenahan serius karena banyak PNBP yang buruk sekali mekanisme pemungutan dan pertanggungjawaban.

Selain itu, fraksi PKS melihat bahwa peningkatan penerimaan negara, sejatinya masih bisa diupayakan dari sektor penerimaan perpajakan, seperti PPh dan PNBP Migas. Sayangnya, sektor tersebut masih terkendala praktek cost recovery yang tidak wajar dan merugikan negara.

"Ini tentu membutuhkan langkah konkret, keberanian, serta keseriusan dari pemerintah dalam mengevaluasi dan mereformasi seluruh kontrak karya pemerintah dengan perusahaan pertambangan migas," jelas Rama.

Mochammad Wahyudi


Okezone, 20 Agustus 2008

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 522 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :