Sabtu, 1 Nopember 2014  

Berita Pajak

Kesempatan Terakhir

Harian Kompas, Selasa 30 Desember 2008

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

Tidak ada istilah "Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali" dalam Sunset Policy, tetapi yang ada adalah "Lebih Baik Tidak Terlambat Daripada Menyesal Nanti". Pergantian tahun tinggal sebentar lagi. Pasti banyak yang telah mempersiapkan acara pada saat pergantian tahun nanti. Dari yang sangat sederhana sampai yang paling mewah. Tidak ketinggalan berbagai tempat hiburan, wisata, dan hotel menawarkan berbagai acara yang menarik dan meriah. Tentunya dengan berbagai tarif harga yang tidak murah.

Berbagai alasan tentunya, mengapa banyak orang ingin merayakan malam pergantian tahun dengan semangat dan meriah. Ada yang merasa bahwa tahun ini kurang sukses dalam usahanya sehingga sangat berharap tahun 2009 nanti akan lebih sukses, yang telah sukses berharap tahun depan tetap sukses, yang merasa menderita berharap tahun depan tidak menderita lagi, yang sakit berharap tahun depan tidak sakit lagi dan berbagai harapan lainnya, karena manusia yang baik adalah manusia yang masih mempunyai harapan. Dari berbagai harapan tersebut semuanya bermuara pada keinginan untuk memperoleh lebih banyak kebahagiaan di tahun 2009 nanti.

Kebahagiaan didapat jika hati tenang, tidak gelisah serta dapat tidur nyenyak Nah. salah satu yang membuat hati tenang dan tidur nyenyak itu adalah jika kita tidak mempunyai kewajiban maupun hutang yang belum secara jujur diakui dan diselesaikan. Hati menjadi was-was takut jika kewajiban itu ketahuan dan berakibat menyusahkan di kemudian hari Apalagi kesempatan untuk mengungkapkan secara jujur masih terbuka di sisa waktu tahun 2008 ini.

Nah. salah satu kewajiban sebagai warga negara yang perlu dilakukan secara jujur adalah memenuhi kewajiban perpajakan. Kebetulan masih ada kesempatan memanfaatkan fasilitas Sunset Policy, walaupun tinggal hari ini dan besok, karena fasilitas tersebut akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2008. Fasilitas ini memberikan keuntungan bagi yang memanfaatkannya, karena selain memperoleh penghapusan sanksi pajak atas hutang pajak yang masih harus dipenuhi, data dan informasi yang dilaporkan juga tidak akan dianalisis untuk dilakukan pemeriksaan maupun penetapan pajak-pajak lainnya.

Lalu bagaimana yang tidak memanfaatkannya1 Pasti akan menyesal dan rugi, bahkan pasti akan susah di kemudian hari. Maka, bagi mereka yang sudah mempunyai penghasilan namun enggan untuk memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan menyampaikan membetulkan Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT Tahunan PPh), lebih baik segera dapatkan NPWP, isi dansampaikan SPT. Bagi mereka yang sudah punya NPWP namun merasa belum benar mengisi SPT nya, lebih baik betulkan sekarang. Selagi masih ada sedikit waktu!

Direktorat Jenderal Pajak CDitjen Pajak), dengan adanya ketentuan Pasal 35A Undang Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (UU KUP) yang mewajibkan setiap instansi pemerintah, lembaga, asosiasi, dan pihak lain, untuk memberikan data dan informasi yang berkaitan dengan perpajakan, akan memiliki data yang semakin lengkap dan update. Data ini akan digunakan oleh Ditjen Pajak untuk memonitor laporan perpajakan yang disampaikan oleh Wajib Pajak (WP) melalui Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan (SPT Tahunan PPh). Jika diketahui masih ada data yang- belum dilaporkan oleh WP. Ditjen Pajak tidak akan segan melakukan penegakan hukum (Jaw enforcement) baik melalui pemeriksaan maupun penyidikan. Bila diperiksa, kekurangan pembayaran pajak harus dibayar termasuk sanksi-sanksinya. Jika kesalahan masuk dalam tindak pidana perpajakan maka proses penyidikan sampai penuntutan akan dilakukan. Tentunya setiap orang tidak ingin mengalami hal ini. karena pasti akan membuat susah.

Masih ada kesempatan terakhir. Anda sendiri lah penentu-nya. Apakah ingin menyambut tahun 2009 dengan ketenangan dan kenyamanan atau tidak? Jangan disia-siakan, segera manfaatkan Sunset Policy yang tinggal tersisa dua hari ini. Ingat, menyesal kemudian tidak ada gunanya.


Harian Kompas, 30 Desember 2008

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 400 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :