Rabu, 24 September 2014  

Tax Today

Pajak atas Deviden yang diterima Orang Pribadi

Rabu, 11 Februari 2009

   Cari Tax Today    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

Anda punya saham?? Siap-siaplah untuk mendapat potongan pajak sebesar 10% dari deviden yang anda terima. Ketentuan ini diatur dalam PP Nomor 19 tahun 2009 sebagai pelaksanaan Pasal 17 ayat (2d) UU PPh Nomor 36 tahun 2008.

Ketentuan ini berlaku sejak 1 Januari 2009, berikut ringkasannya:

PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2009 TENTANG PAJAK PENGHASILAN ATAS DIVIDEN YANG DITERIMA ATAU DIPEROLEH WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DALAM NEGERI

Objek, Tarif  dan Sifat Pemotongan PPh

 

Penghasilan berupa dividen yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri dikenai Pajak Penghasilan sebesar 10% (sepuluh persen) dan bersifat final.

 

Pemotong PPh
Pengenaan Pajak Penghasilan sebagaimana dimaksud di atas dilakukan melalui pemotongan oleh pihak yang membayar atau pihak lain yang ditunjuk selaku pembayar dividen.

 

Kalau kita menilik lebih jauh, sebenarnya atas deviden yang dibagikan ini telah dipotong dengan pajak yang terutang pada badan yang membagikan deviden. Ketentuan lebih lanjut mengenai tata cara pelaksanaan pemotongan, penyetoran, dan pelaporan Pajak Penghasilan atas dividen yang diterima atau diperoleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

 

Mari kita tunggu PMK yang menjelaskan lebih lanjut tentang pelaksanaan pemotongan ini, semoga dikeluarkan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama.

 

Redaksi

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 5239 kali ›

Pencarian Tax Today
Kata Kunci :