Sabtu, 22 Nopember 2014  

Berita Pajak

Tarif PPh Badan Mau Setara Singapura

Harian Kontan, Sabtu 25 September 2010

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

JAKARTA. Tarif pajak penghasilan (PPh) badan Indonesia bisa menyamai Singapura memang masih sebatas mimpi. Tapi, pemerintah terus berusaha menekan tarif PPh, paling tidak mendekati tarif pajak negeri merlion itu.

Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan, pemerintah sebenarnya ingin besaran tarif PPh badan sesuai dengan Singapura. Cuma, saat ini, "Pemerintah baru bisa menurunkan tarif untuk wajib pajak badan yang statusnya sudah perusahaan terbuka atau Tbk,"katanya menjawab pertanyaan pelaku usaha di acara Musyawarah Nasional Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia kemarin (24/9).   Itu pun masih ada syaratnya, yakni 40% sahamnya sudah dimiliki publik. Selain itu, saham tersebut dimiliki paling sedikit oleh 300 pihak dengan kepemilikan saham masing-masing kurang dari 5%. Ketentuan ini harus dipenuhi oleh emiten paling singkat enam bulan dalam jangka waktu satu tahun pajak.   Kalau syarat itu sudah terpenuhi, perusahaan akan mendapat keringanan PPh Badan Pasal 25 sebesar 5%. Dengan demikian, tarif PPhnya menjadi 20%. Ini sudah mendekati tarif PPh badan di Singpura yang sebesar 17%.   Sebagai perbandingan, tarif PPh badan di Malaysia sebesar 25%, Vietnam 25%, Filipina 30% dan Thailand 30%. Sedang tarif PPh badan kita sebesar 25% yang turun secara bertahap dari sebelumnya 30% menjadi 28% di 2009, dan tahun ini menjadi 25%.  

Wakil Ketua Umum Kadin Haryadi Sukamdani menyatakan, lembaganya meminta pemerintah memangkas PPh badan dari 25% menjadi 14% sampai 17%. Selain itu, Kadin meminta pemerintah menghapus pajak atas dividen sebagai pengembalian modal.


Harian Kontan, 25 September 2010

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 1259 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :