Selasa, 21 Oktober 2014  

Berita Pajak

Sisa Dua Bulan, Penerimaan Pajak Jateng Baru 75%

Harian Seputar Indonesia, Kamis 3 November 2011

   Cari Berita Pajak    Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  

SEMARANG – Realisasi penerimaan pajak Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jateng I hingga Oktober 2011 baru mencapai Rp7,1 triliun, atau 75% dari target Rp9,4 triliun. “Pencapaian ini mengalami pertumbuhan 12% dari periode yang sama tahun lalu yang mencapai Rp6,29 triliun,” kata Kepala Kanwil Ditjen Pajak Jateng I Sakli Anggoro kemarin. Penerimaan Rp7,1 triliun meliputi penerimaan pajak penghasilan (PPh) senilai Rp3,5 triliun,PPN dan PPnBM Rp2,5 triliun,PBB Rp592 miliar,pajak lainnya (Rp132 miliar),dan SPN Rp285 miliar. Meski terbilang berat, pihaknya mengaku optimistis bisa memenuhi dan bahkanmampumelebihitarget.“ Ini tinggal beberapa (dua) bulan (lagi).Kita sedang stres-stresnya bagaimana menutup target.

” Untuk menggenjot penerimaan, pihaknya melakukan berbagai upaya. Di antaranya melalui Sensus Pajak Nasional (SPN) dan penegakan hukum. “Kita juga mendatangi para wajib pajak (WP) potensial, terutama para bendaharawan.” Porsi bendaharawan dalam penerimaan pajak mencapai 35–65%, baik APBN maupun APBD.“Insya Allah, yakin bisa memenuhi target yang ditetapkan. Bahkan melebihi target 100% menjadi 103,5%,kendati waktu yang tersisa saat ini waktunya tinggal dua bulan lagi,” kata Sakli.

Mengenai program SPN,pekan ketiga Oktober lalu pihaknya mendapatkan tambahan 15.660 wajib pajak. Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Kanwil DJP Jateng I Joko Murdwianto menilai upaya ekstra dilakukan dengan menggali potensi penerimaan pajak dari bendaharawan pemerintah daerah atau lembaga negara lainnya. Hal ini terkait pembayaran penyerahan barang. Di samping itu,penerimaan PBB yang masih rendah diyakini akan meningkat di akhir tahun.


Harian Seputar Indonesia, 3 Nopember 2011

© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 443 kali ›

Pencarian Berita Pajak
Kata Kunci :