Jumat, 19 Desember 2014  

Klinik Pajak

Pajak atas Honor Guru

Sabtu 15 November 2008

   Kirim Komentar    Beritahu Teman    Cetak A A A  
Pertanyaan :

Kami Dari Asosiasi Guru Madrasah Kutai Kartanegara mendapatkan dana hibah dari Pemkab Kutai Kartanegar senilai Rp.600.000.000,-. dalam perjanjian hibah uang itu diberikan untuk meningkatan kesejahteraan seluruh PNS dibawah Departemen Agama. Rp.450.000.000,- diberikan kepada seluruh PNS Depag senilai Rp.1.000.000,- per orang dan sisanya untuk kegiatan organisasi.

Yang menjadi pertanyaan apakah kami yang menerima uang per orang sebesar 1.000.000,- dikenakan pajak?

Tolong bapak jawab secepatnya!
Terimakasih atas bantuannya


YUDHA, 15 November 2008


Jawaban :

Terima kasih atas kesediaan Bapak untuk berbagi dengan kami. Menanggapi permasalah Bapak kami sampaikan sebagai berikut:

  1. Bahwa atas honorarium yang diterima oleh Pegawai Negeri Sipil yang sumber dananya berasal dari Keuangan Negara atau Keuangan Daerah, kecuali yang dibayarkan kepada Pegawai Negeri Sipil golongan II d ke bawah dipotong PPh Pasal 21 dengan tarif sebesar 15% (lima belas persen) dan bersifat final. Jadi apabila penerima honor tersebut golongan III-a keatas, akan dipotong PPh 21 seperti tersebut diatas.

Dasar Hukum : PER-15/PJ./2006

Demikian, apabila Bapak memerlukan informasi lebih lanjut, kami persilakan menghubungi kami di nomor 021-88855280 (hunting). Selamat berbisnis. Yang pasti pajak bukanlah hambatan bisnis.

Hormat kami,

Fajar Budiman
JTS Consulting Group

Klinik Pajak Sebelumnya
© PajakOnline.com | ‹ Dibaca 2029 kali ›
Komentar


Jadilah Yang Pertama Berkomentar
Redaksi PajakOnline.com menerima komentar anda
Isi komentar di luar tanggung jawab redaksi
Redaksi berhak untuk mengedit atau tidak menayangkan komentar yang tidak sesuai dengan isi/topik berita terkait, ataupun yang bersifat spam/junk, polemik SARA, fitnah, hasutan dan/atau yang dirasa akan dapat merugikan kredibilitas orang/pihak/institusi tertentu.
Jika diperlukan proses edit, maka akan dilakukan oleh redaksi tanpa mengubah arti/tujuan komentar yang bersangkutan.