Jumat, 25 April 2014  

Belajar Perpajakan

Kelompok Lapangan Usaha Kategori K : Real Estat, Usaha Persewaan dan Jasa Perusahaan

A A A 

GP G SG KEL URAIAN KLASIFIKASI LAPANGAN USAHA
KATEGORI K: REAL ESTAT, USAHA PERSEWAAN, DAN JASA PERUSAHAAN
         
70       REAL ESTAT
  701     REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA DAN ASRAMA
    7010   REAL ESTAT YANG DIMILIKI SENDIRI ATAU DISEWA DAN ASRAMA
      70101 Real estat yang dimiliki sendiri atau disewa Kelompok ini mencakup usaha pembelian, penjualan, persewaan dan pengoperasian real estat baik yang dimiliki sendiri maupun disewa, seperti: bangunan apartemen, bangunan tempat tinggal, dan bukan tempat tinggal. Termasuk juga pengembangan dan penjualan tanah dan kuburan, pengoperasian apartemen-apartemen hotel, dan kawasan tempat tinggal yang bisa dipindah-pindah. Perusahaan real estat yang melakukan kegiatan konstruksi masuk subgolongan 4521 (Konstruksi Umum) dan pengusahaan hotel atau tempat penginapan lainnya dimasukkan dalam golongan 551.
      70102 Asrama (bourding house) Kelompok ini mencakup usaha penyediaan jasa pelayanan penginapan dalam periode waktu yang tidak singkat. Termasuk juga usaha menyewakan tempat tinggal dengan makan (indekos).
  702     REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK
    7020   REAL ESTAT ATAS DASAR BALAS JASA (FEE) ATAU KONTRAK
      70200 Real estat atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak Kelompok ini mencakup usaha pembelian, penjualan, persewaan dan pengoperasian real estat atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak.
  703     KAWASAN PARIWISATA DAN PENYEDIAAN SARANA WISATA TIRTA
    7031   KAWASAN PARIWISATA
      70310 Kawasan pariwisata Kelompok ini mencakup pengusahaan lahan dengan luas sekurang-kurangnya 100 hektar dengan menata dan membagi lebih lanjut menjadi satuan-satuan simpul atau lingkungan tertentu, membangun atau menyewakan satuan-satuan simpul untuk pembangunan usaha sarana dan prasarana wisata yang diperlukan dengan persyaratan yang telah dipersiapkan sebelumnya, melaksanakan dan atau mengawasi pembangunan usaha pariwisata sesuai persyaratan yang ada serta membangun/penyediaan tempat untuk keperluan administrasi usaha kawasan pariwisata.
    7032   PENYEDIAAN SARANA WISATA TIRTA
      70320 Penyediaan sarana wisata tirta Kelompok ini mencakup kegiatan pelayanan rekreasi menyelam untuk menikmati keindahan flora dan fauna di bawah air laut; kegiatan penyediaan sarana untuk rekreasi di pantai, perairan laut, sungai, danau dan waduk; dan kegiatan pembangunan dan penyediaan sarana tempat tambat kapal pesiar untuk kegiatan wisata dan pelayanan jasa lain yang berkaitan dengan kegiatan marina.
71       JASA PERSEWAAN MESIN DAN PERALATANNYA (TANPA OPERATOR), BARANG-BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI
  711     PERSEWAAN ALAT-ALAT TRANSPORTASI
    7111   PERSEWAAN ALAT TRANSPORTASI DARAT
      71110 Persewaan alat transportasi darat Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan semua jenis alat transportasi darat tanpa operatornya seperti: mobil, truk, mobil derek, sepeda motor dan karavan. Termasuk juga usaha persewaan containers. Persewaan atau leasing alat transportasi darat dengan operatornya dicakup dalam subgolongan 6022 (Angkutan Jalan Raya Tidak Dalam Trayek Untuk Penumpang) dan 6023 (Angkutan Jalan Raya Untuk Barang). Sewa guna usaha (financial leasing) dicakup dalam subgolongan 6591. Persewaan sepeda dicakup dalam subgolongan 7130.
    7112   PERSEWAAN ALAT TRANSPORTASI AIR
      71120 Persewaan alat transportasi air Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan alat transportasi air tanpa operatornya, seperti: motor boat dan kapal. Persewaan alat transportasi air dengan operatornya dicakup dalam golongan pokok 61 (Angkutan Air) yang bersesuaian.
    7113   PERSEWAAN ALAT TRANSPORTASI UDARA
      71130 Persewaan alat transportasi udara Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan alat transportasi udara tanpa operatornya, seperti: pesawat terbang. Persewaan alat transportasi udara dengan operatornya dicakup dalam golongan pokok 62 (Angkutan Udara).
  712     PERSEWAAN MESIN LAINNYA DAN PERALATANNYA
    7121   PERSEWAAN MESIN PERTANIAN DAN PERALATANNYA
      71210 Persewaan mesin pertanian dan peralatannya Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan mesin dan peralatan/ perlengkapannya (tanpa operator) untuk keperluan pertanian. Persewaan mesin dan peralatan/perlengkapan pertanian dengan operatornya dimasukkan dalam subgolongan 0140 (Jasa Pertanian, Perkebunan dan Peternakan).
    7122   PERSEWAAN MESIN KONSTRUKSI DAN TEKNIK SIPIL DAN PERALATANNYA
      71220 Persewaan mesin konstruksi dan teknik sipil dan peralatannya Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan mesin dan peralatan/ perlengkapannya (tanpa operator) untuk keperluan konstruksi dan teknik sipil. Persewaan mesin dan peralatan/perlengkapan konstruksi dan teknik sipil dengan operatornya dimasukkan dalam subgolongan 4550 (Persewaan Alat Konstruksi atau Peralatan Pembongkar/Penghancur Bangunan dengan Operatornya).
    7123   PERSEWAAN MESIN KANTOR DAN PERALATANNYA (TERMASUK KOMPUTER)
      71230 Persewaan mesin kantor dan peralatannya (termasuk komputer) Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan semua jenis mesin kantor dan peralatannya, seperti: mesin tik, mesin akutansi, mesin hitung dan mesin pengolah data tanpa operatornya.
    7129   PERSEWAAN MESIN LAINNYA DAN PERALATANNYA YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
      71290 Persewaan mesin lainnya dan peralatannya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan mesin dan peralatan/ perlengkapan lainnya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain dan secara umum digunakan sebagai barang modal, seperti: mesin pembangkit listrik, mesin tekstil, mesin pengolahan/pengerjaan logam/kayu, mesin percetakan, dan mesin las listrik.
  713     PERSEWAAN BARANG-BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
    7130   PERSEWAAN BARANG-BARANG KEPERLUAN RUMAH TANGGA DAN PRIBADI YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
      71301 Persewaan alat-alat pesta Kelompok ini mencakup usaha persewaan semua jenis barang untuk keperluan pesta, seperti: peralatan musik, tenda, dan perlengkapan pesta lainnya.
      71309 Persewaan barang-barang keperluan rumah tangga dan pribadi lainnya yang tidak diklasifikasikan di tempat lain Kelompok ini mencakup usaha jasa persewaan semua jenis barang untuk keperluan rumah tangga, pribadi, atau industri seperti: tekstil, furniture, peralatan dapur, alat-alat rumah tangga dari listrik, peralatan olahraga di air, kapal pesiar, sepeda, peralatan musik, buku-buku, dan video tape. Termasuk pula kegiatan penyewaan alat-alat olahraga.
72       JASA KOMPUTER DAN KEGIATAN YANG TERKAIT
  721     JASA KONSULTASI PIRANTI KERAS (HARDWARE CONSULTING)
    7210   JASA KONSULTASI PIRANTI KERAS (HARDWARE CONSULTING)
      72100 Jasa konsultasi piranti keras (hardware consulting) Kelompok ini mencakup usaha jasa konsultasi tentang tipe dan konfigurasi dari piranti keras komputer dengan atau tanpa dikaitkan dengan aplikasi piranti lunak. Konsultasi biasanya menyangkut analisis kebutuhan pengguna komputer dan permasalahannya, serta memberikan jalan keluar yang terbaik. Apabila kegiatan yang sama dilakukan oleh unit penjualan komputer dimasukkan dalam subgolongan 3000, 5150, 5239, 5350, dan 5450.
  722     JASA KONSULTASI PIRANTI LUNAK
    7220   JASA KONSULTASI PIRANTI LUNAK
      72200 Jasa konsultasi piranti lunak Kelompok ini mencakup jasa konsultasi yang berkaitan dengan analisis, design dan pemrograman dari sistem yang siap pakai. Kegiatan ini biasanya menyangkut analisis kebutuhan pengguna komputer dan permasalahannya, pemecahan permasalahan, dan membuat piranti lunak berkaitan dengan pemecahan masalah tersebut. Termasuk pula penulisan program sederhana sesuai kebutuhan pengguna komputer. Kegiatan yang sama berkaitan dengan piranti lunak dimasukkan dalam subgolongan 5239 (Perdagangan Eceran Khusus Komoditi Lainnya (Bukan Makanan, Minuman atau Tembakau) di Dalam Bangunan).
  723     PENGOLAHAN DATA
    7230   PENGOLAHAN DATA
      72300 Pengolahan data Kelompok ini mencakup usaha jasa untuk pengolahan dan tabulasi semua jenis data. Kegiatan ini bisa meliputi keseluruhan tahap pengolahan dan penulisan laporan dari data yang disediakan pelanggan, atau hanya sebagian dari tahapan pengolahan.
  724     JASA KEGIATAN DATABASE
    7240   JASA KEGIATAN DATABASE
      72400 Jasa kegiatan database Kelompok ini mencakup usaha jasa pelayanan yang berkaitan dengan pengembangan database, penyimpanan data, dan penyediaan database dari berbagai jenis data (seperti: Data Ekonomi, Data Keuangan, Statistik, atau Data Teknis). Data dapat diakses oleh setiap orang yang memerlukan atau oleh sekelompok pengguna data. Penyediaan data yang diselenggarakan oleh perpustakaan dan arsip dimasukkan dalam subgolongan 9231.
  725     PERAWATAN DAN REPARASI MESIN-MENSIN KANTOR, AKUNTANSI, DAN KOMPUTER
    7250   PERAWATAN DAN REPARASI MESIN-MENSIN KANTOR, AKUNTANSI, DAN KOMPUTER
      72500 Perawatan dan reparasi mesin-mesin kantor, akuntansi, dan komputer Kelompok ini mencakup usaha jasa perawatan dan reparasi, mesin kantor, mesin akuntansi, komputer, mesin ketik dan perlengkapannya.
  729     KEGIATAN LAIN YANG BERKAITAN DENGAN KOMPUTER
    7290   KEGIATAN LAIN YANG BERKAITAN DENGAN KOMPUTER
      72900 Kegiatan lain yang berkaitan dengan komputer Kelompok ini mencakup berbagai usaha yang berkaitan dengan komputer yang belum tercakup dalam golongan 721 s.d. 725.
73       PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (SWASTA)
  731     PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN TEKNOLOGI
    7311   PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
      73110 Penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan alam Kelompok ini mencakup usaha penelitian dan pengembangan yang dilakukan secara teratur (sistematis), yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun oleh swasta berkaitan dengan ilmu pengetahuan alam, seperti penelitian dan pengembangan matematik, ilmu alam, kimia, astronomi, geologi, dan lainnya.
    7312   PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU TEKNOLOGI DAN REKAYASA (ENGINEERING)
      73120 Penelitian dan pengembangan ilmu teknologi dan rekayasa (engineering) Kelompok ini mencakup usaha penelitian dan pengembangan yang dilakukan secara teratur (sistematik), yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun oleh swasta, berkaitan dengan teknologi dan rekayasa (engineering).
  732     PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DAN HUMANIORA
    7321   PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
      73210 Penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan sosial Kelompok ini mencakup usaha penelitian dan pengembangan yang dilakukan secara teratur (sistematis), yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun oleh swasta, berkaitan dengan ilmu sosial, seperti penelitian dan pengembangan ekonomi, psikologi, sosiologi, ilmu hukum, dan lainnya. Penelitian pasar dan pemasaran (market research) dimasukkan dalam subgolongan 7413.
    7322   PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN HUMONIORA
      73220 Penelitian dan pengembangan humaniora Kelompok ini mencakup usaha penelitian dan pengembangan yang dilakukan secara teratur (sistematis), yang diselenggarakan baik oleh pemerintah maupun oleh swasta, berkaitan dengan humaniora, seperti: penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni.
74       JASA PERUSAHAAN LAINNYA
  741     JASA HUKUM, AKUNTANSI DAN PEMBUKUAN, KONSULTASI PAJAK, PENELITIAN PASAR, DAN KONSULTASI BISNIS DAN MANAJEMEN
    7411   JASA HUKUM
      74111 Jasa pengacara/penasehat hukum Kelompok ini mencakup usaha jasa pengacara/penasehat hukum.
      74112 Jasa notaris/PPAT Kelompok ini mencakup usaha jasa notaris/Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT).
      74113 Jasa lembaga bantuan hukum Kelompok ini mencakup usaha jasa lembaga bantuan hukum.
      74114 Jasa pelimpahan barang tidak berwujud Kelompok ini mencakup usaha jasa pelimpahan barang tidak berwujud berupa hak-hak dengan nama dan dalam bentuk apapun, seperti: royalti, patent franchaise, merek dagang, dan sejenisnya.
      74119 Jasa hukum lainnya Kelompok ini mencakup usaha jasa hukum lainnya yang belum tercakup dalam 74111 sampai 74114.
    7412   JASA AKUNTANSI DAN PERPAJAKAN
      74120 Jasa akuntansi dan perpajakan Kelompok ini mencakup usaha jasa pembukuan, penyusunan laporan keuangan, dan analisa laporan keuangan. Termasuk juga jasa konsultasi perpajakan. Kegiatan yang mencakup konsultasi manajemen oleh suatu unit yang tidak menyediakan jasa akuntansi dan audit dimasukkan dalam subgolongan 7414.
    7413   JASA RISET PEMASARAN
      74130 Jasa riset pemasaran Kelompok ini mencakup usaha penelitian potensi pasar, penerimaan produk di pasar, kebiasaan dan tingkah laku konsumen, dalam kaitannya dengan promosi penjualan dan pengembangan produk baru. Termasuk pula penelitian mengenai opini masyarakat mengenai permasalahan politik, ekonomi, dan sosial.
    7414   JASA KONSULTASI BISNIS DAN MANAJEMEN
      74140 Jasa konsultasi bisnis dan manajemen Kelompok ini mencakup usaha pemberian saran dan bantuan operasional pada dunia bisnis, seperti: konsultasi pada bidang hubungan masyarakat dan berbagai fungsi manajemen, konsultasi manajemen oleh agronomist dan agricultural economist pada bidang pertanian, dan sejenisnya.
  742     JASA KONSULTASI ARSITEK, KEGIATAN TEKNIK DAN REKAYASA, SERTA ANALISIS DAN TESTING
    7421   JASA KONSULTASI ARSITEK, KEGIATAN TEKNIK DAN REKAYASA (ENGINEERING)
      74210 Jasa konsultasi arsitek, kegiatan teknik dan rekayasa (engineering) Kelompok ini mencakup usaha jasa konsultasi arsitek (seperti: design bangunan, pengawasan konstruksi, perencanaan kota, dan sebagainya). Konsultasi kegiatan teknik dan rekayasa (seperti: rekayasa bangunan sipil, rekayasa hidrolik, rekayasa lalu lintas, rekayasa listrik, rekayasa elektronika, dan sebagainya), konsultasi penyelidikan geologi, serta survei dan pemetaan.
    7422   ANALISIS DAN TESTING
      74220 Analisis dan testing Kelompok ini mencakup usaha jasa pengujian terhadap berbagai bahan dan produk, berupa pengujian ciri-ciri fisik suatu bahan atau produk (misalnya kekuatan, ketebalan, daya tahan dan lainnya), pengujian tekstil, mesin, motor, mobil, peralatan dan perlengkapan alat elektronik serta pengujian lainnya. Pengujian medis dimasukkan dalam subgolongan 8519.
  743     JASA PERIKLANAN
    7430   JASA PERIKLANAN
      74300 Jasa periklanan Kelompok ini mencakup usaha jasa periklanan melalui majalah, surat kabar, radio dan televisi, pembuatan dan pemasangan berbagai jenis poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur, dan macam-macam reklame sejenis. Termasuk juga distribusi dan delivery advertising material or samples, juga penyewaan kolom untuk iklan.
  749     JASA PERUSAHAAN LAINNYA YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
    7491   JASA PENYELEKSIAN DAN PENYEDIAAN TENAGA KERJA
      74910 Jasa penyeleksian dan penyediaan tenaga kerja Kelompok ini mencakup usaha jasa penyeleksian dan penempatan tenaga kerja di berbagai bidang usaha. Termasuk pula penyediaan tenaga kerja kepada pihak lain atas dasar kontrak.
    7492   JASA PENYELIDIKAN DAN KEAMANAN
      74920 Jasa penyelidikan dan keamanan Kelompok ini mencakup usaha jasa penyelidikan, pengawasan, penjagaan, dan kegiatan-kegiatan atau perlindungan untuk keselamatan perorangan dan harta milik. Termasuk penyelidikan latar belakang seseorang, pencarian jejak orang yang hilang, pencurian dan penggelapan, serta patroli, seperti: pengawalan dalam perjalanan membawa barang berharga, bodyguard, patroli jalan raya, penjagaan gedung, kantor, pabrik, hotel dan sebagainya, juga penyelidikan sidik jari, tanda tangan dan tulisan tangan. Penjagaan dengan sistem instalasi alarm dimasukkan dalam subgolongan 4531 (Instalasi Gedung). Penyelidikan yang berhubungan dengan perasuransian dimasukkan dalam subgolongan 6720 (Jasa Penunjang Asuransi dan Dana Pensiun).
    7493   JASA KEBERSIHAN GEDUNG
      74930 Jasa kebersihan gedung Kelompok ini mencakup usaha jasa kebersihan bermacam jenis gedung milik perusahaan/lembaga/badan/instansi pemerintah atau swasta, seperti: gedung perkantoran, pabrik, pertokoan, balai pertemuan dan gedung sekolah, termasuk jasa kebersihan interior gedung-gedung tersebut, seperti: pembersihan lantai, dinding, furniture, jendela, juga ventilasi dan unit-unit exhaust. Pencucian karpet dan permadani serta pembersihan garden dimasukkan dalam subgolongan 9301. Jasa binatu, kegiatan jasa kebersihan gedung yang dilakukan oleh pekerja yang melayani rumah tangga dimasukkan dalam subgolongan 9500 (Jasa Perorangan yang Melayani Rumah Tangga).
    7494   JASA FOTOGRAFI
      74940 Jasa fotografi Kelompok ini mencakup usaha jasa pemotretan, baik untuk perorangan atau kepentingan bisnis, termasuk pula pemrosesan dan pencetakan hasil pemotretan tersebut. Termasuk pula usaha jasa pemotretan dari udara (aerial photography), dan jasa pemotretan yang dioperasikan oleh mesin. Produksi film untuk bioskop dan video dan distribusinya dimasukkan dalam subgolongan 9211 (Produksi dan Distribusi Film serta Video).
    7495   JASA PENGEPAKAN
      74950 Jasa Pengepakan Kelompok ini mencakup usaha jasa pengepakan atas dasar balas jasa (fee) atau kontrak. Termasuk pula pengalengan, pembotolan, pelabelan, pembungkusan kado (hadiah), dan sejenisnya. Jasa pengepakan untuk kegiatan pengangkutan dimasukkan dalam golongan 6351 s.d. 6359 yang bersesuaian.
    7499   JASA PERUSAHAAN YANG TIDAK DIKLASIFIKASIKAN DI TEMPAT LAIN
      74990 Jasa perusahaan yang tidak diklasifikasikan di tempat lain Kelompok ini mencakup usaha jasa perusahaan lainnya yang tidak dapat diklasifikasikan di tempat lain, seperti: jasa stenografi, jasa pelelangan, jasa penterjemah, jasa penjawab telepon (telephone answering), jasa foto kopi dan sebagainya.
© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 8283 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :