Kamis, 28 Agustus 2014  

Belajar Perpajakan

Biaya Amortisasi

A A A 

Apa yang menjadi dasar amortisasi?  
   
Yang menjadi dasar amortisasi adalah pengeluaran untuk memperoleh harta tak beruwujud dan pengeluaran lainnya termasuk biaya perpanjangan hak guna bangunan, hak guna usaha, dan hak pakai yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun.

Pasal 11 UU PPh

 

Sebutkan metode amortisasi aktiva tak berwujud?
Dalam bagian-bagian yang sama setiap tahun selama masa manfaat (metode garis lurus/straight line method)
Dalam bagian-bagian yang menurun setiap tahun dengan cara menerapkan tarif amortisasi atas nilai sisa buku (metode saldo menurun/declining balance method)

Pasal 11 UU PPh

 

Sebutkan tarif amortisasi dan golongan aktiva tak berwujud?  
 

Kelompok Harta Tak Berwujud

Masa Manfaat

Tarif amortisasi sesuai metode

   

Garis Lurus

Saldo Menurun

Kelompok 1

4 tahun

25%

50%

Kelompok 2

8 tahun

12,5%

25%

Kelompok 3

16 tahun

6,25%

12,5%

Kelompok 4

20 tahun

5%

10%

Pasal 11 UU PPh

Bagaimana perlakuan nilai sisa buku suatu aktiva tak berwujud pada akhir masa manfaat yang diamortisasi dengan metode saldo menurun?
Nilai sisa buku suatu aktiva tak berwujud pada akhir masa manfaat yang diamotisasi dengan metode saldo menurun harus diamortisasikan sekaligus

 

Bagaimana perlakuan nilai sisa buku suatu harta tak berwujud atau hak-hak yang dialihkan?  
 
Nilai sisa buku suatu harta tak berwujud atau hak-hak yang dialihkan dibebankan sebagai kerugian pada tahun terjadikan pengalihan tersebut. Ketentuan tersebut di atas tidak berlaku apabila harta tak berwujud atau hak-hak dialihkan untuk tujuan bantuan sumbangan, hibahan yang tidak ada hubungan dengan usaha, pekerjaan, kepemilikan, atau pengusaan antara pihak-pihak yang bersangkutan

 

Bagaimana penentuan Kelompok Harta Tak Berwujud apabila masa manfaat harta tersebut tidak tercantum dalam kelompok masa manfaat ?
Penentuan Kelompok Harta Tak Berwujud yang masa manfaatnya tidak tercantum dalam kelompok masa manfaat yang adalah dengan mengelompokkan harta tersebut ke kelompok masa manfaat yang terdekat.
   
Contoh:
1. Masa manfaat yang sebenarnya dari suatu harta tak berwujud adalah selama 6 (enam) tahun. Masa manfaat harta tersebut dapat dikelompokkan ke masa manfaat 4 (empat) tahun atau 8 (delapan) tahun.
2. Dalam hal masa manfaat yang sebenarnya dari suatu harta tak berwujud adalah selama 5 (lima) tahun, maka harta tak berwujud tersebut diamortisasi dengan menggunakan kelompok masa manfaat 4 (empat) tahun.

Pasal 11 UU PPh

Kapan saat pembebanan pengeluaran untuk biaya pendirian dan biaya perluasan suatu perusahaan?
Pembebanan suatu pengeluaran untuk biaya pendirian dan biaya perluasan suatu perusahaan dapat dibebankan:
1. pada tahun terjadinya pengeluaran; atau
2. diamortisasi sesuai masa manfaat pengeluaran tersebut.

 

Biaya-biaya yang dapat diamortisasi sebelum operasi komersial?
Biaya-biaya yang dapat diamortisasi sebelum operasi komersial adalah biaya-biaya yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun misalnya studi kelayakan dan biaya produksi percobaan tetapi tidak termasuk biaya-biaya operasional yang sifatnya rutin, seperti gaji pegawai, biaya rekening listrik dan telepon, dan biaya kantor lainnya

 

Bagaimanakah penghitungan amortisasi atas pengeluaran untuk memperoleh hak dan pengeluaran lain yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun di bidang penambangan selain minyak dan gas bumi, hak pengusahaan hutan, dan hak pengusahaan sumber alam ?
Amortisasi atas pengeluaran untuk memperoleh hak dan pengeluaran lain yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun di bidang penambangan selain minyak dan gas bumi, hak pengusahaan hutan, dan hak pengusahaan sumber alam serta hasil alam lainnya dilakukan dengan menggunakan metode satuan produksi paling tinggi 20% (dua puluh persen) setahun.
 
Contoh:
Pengeluaran untuk memperoleh hak pengusahaan hutan = Rp500.000.000
Potensi produksi = 10.000.000 ton kayu
Realisasi produksi tahun yang bersangkutan = 3.000.000 ton kayu
% amortisasi = 3.000.000/10.000.000 = 30%
 
Besarnya amortisasi yang diperkenankan untuk dikurangkan dari penghasilan bruto pada tahun yang bersangkutan adalah 20% x Rp500.000.000 atau Rp100.000.000 meskipun jumlah produksi pada tahun tersebut mencapai 30%

 

Bagaimanakah penghitungan amortisasi atas pengeluaran untuk memperoleh hak dan pengeluaran lain yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun di bidang penambangan minyak dan gas bumi?  
 
Amortisasi atas pengeluaran untuk memperoleh hak dan pengeluaran lain yang mempunyai masa manfaat lebih dari 1 (satu) tahun di bidang penambangan minyak dan gas bumi dilakukan dengan menggunakan metode satuan produksi.
Metode satuan produksi dilakukan dengan menerapkan persentase amortisasi yang besarnya setiap tahun sama dengan persentase perbandingan antara realisasi penambangan minyak dan gas bumi pada tahun yang bersangkutan dengan taksiran jumlah seluruh kandungan minyak dan gas bumi di lokasi tersebut yang dapat diproduksi.
 
% amortisasi = realisasi penambangan minyak & gas tahun yang bersangkutan taksiran jumlah seluruh kandungan minyak dan gas bumi
 
Apabila ternyata jumlah produksi yang sebenarnya lebih kecil dari yang diperkirakan, sehingga masih terdapat sisa pengeluaran untuk memperoleh hak atau pengeluaran lain, maka atas sisa pengeluaran tersebut boleh dibebankan sekaligus dalam tahun pajak yang bersangkutan

 

Bagaimana perlakuan perpajakan atas pengeluaran/biaya perolehan dan upgrade perangkat lunak komputer berupa program aplikasi khusus?
Dimasukan dalam harta tak berwujud kelompok 1 sepanjang program aplikasi khusus yang dimiliki dan dipergunakan untuk mendapatkan, menagih, dan memelihara penghasilan

KEP - 316/PJ./2002

Bagaimana perlakukan perpajakan apabila pengeluaran dan upgrade perangkat lunak tersebut telah diamortisasi dengan menggunakan tarif selain tarif amortisasi kelompok 1?  
 
sepanjang pengeluaran tersebut belum dibebankan atau baru dibebankan sebagaian melalui amortisasi, maka mulai tahun pajak 2002 amortisasi dihitung berdasarkan sisa masa manfaat untuk Kelompok 1.

 

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 19576 kali ›

Peraturan Terkait


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :