Rabu, 23 April 2014  

Belajar Perpajakan

Penghasilan Bagi Pemegang Hak atas Tanah

A A A 

Penghasilan Bagi Pemegang Hak atas Tanah :

-

Penghasilan yang diterima atau diperoleh pemegang hak atas tanah sehubungan dengan perjanjian bangun guna serah, seperti :

-

Pembayaran berkala yang dilakukan oleh investor kepada pemegang hak atas tanah selama masa perjanjian.

-

Bagian dari uang sewa bangunan

-

Bagian keuntungan dari pengusahaan bangunan yang diberikan oleh invistor

-

Penghasilan lainnya sehubungan dengan perjanjian bangun guna serah

-

Dalam hal bangunan yang didirikan oleh investor tidak seluruhnya menjadi hak investor tetapi sebagian diserahkan kepada pemegang hak atas tanah, maka :

-

Atas penyerahan sebagian bangunan tersebut merupakan peghasilan bagi pemegang hak atas tanah.

-

PPh yang terutang sebesar = 5% x Nilai teritinggi antara nilai pasar dengan NJOP bagian bangunan yang diserahkan tersebut.

-

PPh tersebut harus dilunasi oleh pemegang hak atas tanah selambat-lambatnya tanggal 15 bulan berikutnya setelah penyerahan

-

Pada saat berakhirnya perjanjian, bangunan yang diserahkan oleh investor kepada pemegang hak atas tanah merupakan penghasilan bagi pemegang hak atas tanah. PPh yang terutang sebesar 5% x Nilai tertinggi antara nilai pasar dengan NJOP bangunan yang diserahkan. PPh tersebut harus dilunasi selambat-lambatnya tanggal 15 bulan berikutnya setelah masa bangun guna serah berakhir

-

Nilai tertinggi antara nilai pasar dan NJOP bangunan yang diterima oleh pemegang hak atas tanah tersebut merupakan nilai perolehan bangunan bagi pemegang hak atas tanah.

-

Dalam hal pemegang hak atas tanah merupakan wajib pajak orang pribadi atau yayasan atau organisasi yang sejenis, pembayaran PPh 5% tersebut di atas bersifat final.

-

Dalam hal pemegang hak atas tanah merupakan wajib pajak badan atau BUT, pembayaran PPh 5% tersebut merupakan angsuran PPh dalam tahun berjalan (PPh Pasal 25) yang dapat dikreditkan.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2896 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :