Rabu, 22 Oktober 2014  

Belajar Perpajakan

Koreksi Biaya Pendidikan

A A A 

Putusan Pengadilan Pajak Nomor : Put.00825/PP/M.VII/10/2003

Jenis Pajak

:

Pajak Penghasilan Badan

Tahun Pajak

:

2002

Pokok Sengketa

:

1. Koreksi Biaya Pendidikan

2. Koreksi Biaya Perjalanan Dinas

3. Koreksi Uang Makan/Lembur/Transportasi

1. Koreksi Biaya Pendidikan

Menurut Terbanding

:

Koreksi positif biaya pendidikan dikarenakan Pemohon tidak dapat membuktikan bahwa biaya tersebut bukan merupakan objek Pajak Penghasilan Pasal 21.

Menurut Pemohon

:

Hal tersebut bukan merupakan tunjangan pendidikan, tetapi merupakan biaya yang dikeluarkan untuk mengikutsertakan karyawan mengikuti seminar.

Pendapat Majelis

:

Pada sidang tanggal 17 Maret 2003, Majelis meminta Pemohon untuk menyampaikan bukti pendukung pembukuan yang menyatakan bahwa pengeluaran tersebut adalah biaya karyawan mengikuti seminar.

Pada tanggal 24 Maret 2003, Pemohon menyerahkan bukti berupa kuitansi pembelian makanan, bukan bukti pengeluaran untuk karyawan yang mengikuti seminar.

Bukti yang diserahkan oleh Pemohon tersebut tidak berkaitan sama sekali untuk mendukung keterangan Pemohon bahwa Pemohon mengeluarkan biaya pendidikan tidak berupa uang tunai kepada karyawan karena tidak ada kaitan antara mengikuti seminar dengan makanan.

Majelis berkesimpulan bahwa koreksi Terbanding atas tunjangan pendidikan telah benar dan tetap dipertahankan.

2. Koreksi Biaya Perjalanan Dinas

Menurut Terbanding

:

Koreksi positif biaya perjalanan dinas dikarenakan Pemohon tidak dapat membuktikan bahwa biaya tersebut bukan merupakan objek Pajak Penghasilan Pasal 21.

Menurut Pemohon

:

Hal tersebut bukan merupakan biaya perjalanan dari rumah ke kantor tetapi dari kantor ke nasabah.

Pendapat Majelis

:

Pada persidangan tanggal 17 Maret 2003, Terbanding menyatakan bahwa surat jalan dapat dijadikan bukti dan pada persidangan tanggal 24 Maret 2003, Pemohon menyerahkan bukti berupa surat jalan.

Berdasarkan keterangan Pemohon dan Terbanding di atas, Majelis berkesimpulan bahwa memang benar Pemohon tidak memberikan tunjangan perjalanan dinas berupa uang tunai kepada karyawan, tetapi berupa kenikmatan natura, sehingga bukan merupakan objek Pajak Penghasilan Pasal 21 sehingga koreksi Terbanding atas biaya perjalanan dinas harus dibatalkan.

3. Koreksi Uang Makan/Lembur/Transportasi

Menurut Terbanding

:

Pemohon tidak dapat membuktikan bahwa biaya tersebut bukan merupakan objek Pajak Penghasilan Pasal 21.

Menurut Pemohon

:

Hal tersebut merupakan kenikmatan natura untuk karyawan yang lembur, dan pada Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan Badan sudah dikoreksi positif.

Pendapat Majelis

:

Pada persidangan tanggal 17 Maret 2003, Pemohon menyerahkan bukti-bukti berupa kuitansi pembelian makanan.

Setelah melihat bukti-bukti yang diperlihatkan oleh Pemohon pada persidangan Majelis tanggal 17 Maret 2003, Terbanding menyatakan dapat menerima bukti tersebut sebagai bukti pengeluaran untuk uang makan yang diberikan kepada pihak ketiga.

Berdasarkan keterangan Pemohon dan Terbanding di atas, Majelis berkesimpulan bahwa memang benar Pemohon tidak memberikan tunjangan uang makan/lembur/transportasi berupa uang tunai kepada karyawan, tetapi berupa kenikmatan natura, sehingga bukan merupakan objek Pajak Penghasilan Pasal 21, sehingga koreksi Terbanding atas uang makan, lembur, transportasi harus dibatalkan.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 2553 kali ›


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :