Kamis, 28 Agustus 2014  

Belajar Perpajakan

Penundaan SPT Tahunan

A A A 

Bagaimanakah tata cara penundaan penyampaian SPT Tahunan?

Berdasarkan Pasal 3 ayat (4) dan (5) Undang-Undang Nomor 28 TAHUN 2007  Wajib Pajak dapat memperpanjang jangka waktu penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan  untuk paling lama 2 (dua) bulan dengan cara menyampaikan pemberitahuan secara tertulis atau dengan cara lain kepada Direktur Jenderal Pajak yang ketentuannya diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

Surat Pemberitahuan Tahunan Pajak Penghasilan sementara harus disertai dengan penghitungan sementara pajak yang terutang dalam 1 (satu) Tahun Pajak dan Surat Setoran Pajak sebagai bukti pelunasan kekurangan pembayaran pajak yang terutang, yang ketentuannya diatur dengan atau berdasrkan Peraturan Menteri Keuangan.

Berdasarkan Surat Edaran SE - 04/PJ.7/1998 syarat permohonan perpanjangan jangka waktu penyampaian SPT Tahunan Pajak Panghasilan adalah sebagai berikut :

  • Permohonan diajukan sebelum batas waktu penyampaian SPT Tahunan Pajak Penghasilan berakhir dan menjelaskan  alasan-alasannya tertundanya penyampaian SPT Tahunan.

  • Meyampaikan perhitungan sementara pajak terhutang yang dilengkapi dengan laporan keuangan sementara tahun pajak yang bersangkutan.

  • Melampirkan Surat Setoran Pajak (SSP) yang telah divalidasi bank persepsi atau kantor kantor pos sebagai bukti setor pajak yang terhutang berdasarkan perhitungan sementara

  • Pelaporan menggunakan formulir 1770 Y untuk SPT Tahunan Orang Pribadi, formulir 1771 Y untuk SPT Tahunan Badan / Perusahaan dan formulir 1721 Y untuk SPT Tahunan PPh Pasal 21

DJP harus memberikan keputusan persetujuan atau penolakan permohonan perpanjangan penyampaian SPT Tahunan selambat-lambatnya 7 hari kerja sejak permohonan diterima secara lengkap. Jika dalam jangka waktu 7 hari tersebut DJP tidak memberikan keputusan maka permohonan dianggap disetujui.

© PajakOnline.com |  ‹ Dibaca 10963 kali ›

Peraturan Terkait


Pencarian Artikel Tax Learning
Kata Kunci :
Match  
AND  
OR  
Topik :  
Cari di :
Judul  
Isi  
 
Hasil per halaman :